Klik Sehat Cantik

Kumpulan lengkap aneka artikel pengetahuan seputar direktori kesehatan dan kecantikan yang bermanfaat

Manfaat Buah Pisang Untuk Kecantikan Luar dan Dalam

Pisang merupakan jenis buah yang sangat identik dengan harganya yang murah serta menjadi kegemaran hewan primata. Namun banyak orang yang justru tidak menyukai buah ini, bahkan terkesan menyepelekan. Padahal, pisang merupakan buah yang memiliki begitu banyak manfaat untuk kesehatan ataupun kecantikan.

Selain berkhasiat bagi tubuh bagian dalam, pisang juga bisa memberi manfaat bagi kecantikan kulit terluar. Bahkan tidak hanya bagian dagingnya, kulit pisang juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan.

Manfaat Pisang untuk Tubuh

Buah pisang memiliki beragam kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh agar bisa tetap sehat. Khusus untuk bagian dalam, berikut manfaat pisang bagi kesehatan tubuh bagian dalam:

Kalori

Konsumsi dari satu buah pisang mampu memuaskan hasrat Anda untuk makan sesuatu yang manis tanpa harus merusak program diet yang sedang dijalankan. Di dalam satu buah pisang itu sendiri terdapat sekitar 110 kalori.

Bebas Lemak dan Kolesterol

Pisang termasuk sebagai jenis buah yang bebas dari kandungan lemak dan kolesterol. Hal ini tentu saja bisa berdampak pada berat badan yang tetap terjaga.

Vitamin B6

Buah pisang bisa dijadikan sebagai sumber vitamin B6 yang bernama pyridoxine. Untuk 1 buah pisang, tersedia sekitar 35 % dari kebutuhan vitamin B6 harian. Fungsi dari vitamin itu sendiri adalah untuk membantu menumbuhkan sel-sel baru.

Vitamin C

Di dalam 1 buah pisang terkandung sekitar vitamin C sebanyak 10 mg atau 15 % dari kebutuhan vitamin C harian. Fungsi dari vitamin C adalah sebagai antioksidan agar bisa memperbaiki jaringan kulit yang rusak diakibatkan oleh pengaruh radikal bebas. Selain itu, vitamin C juga memiliki peranan dalam kelangsungan peredaran darah yang nantinya akan menjadikan kulit terlihat lebih segar.

Fungsi lain dari vitamin C adalah untuk merangsang pembentukan kolagen kulit serta menjaganya dari berbagai macam kerusakan. Kolagen itu sendiri dapat meremajakan kulit sehingga terhindar dari kekusaman dan terlihat semakin kencang. Vitamin C dapat pula membantu untuk menghambat proses penuaan dini, membentuk pigmen di kulit, dan menghaluskan kulit. Dengan demikian, akan didapatkan kulit yang sehat bersih.

Selain fungsinya dalam hal perawatan kulit, vitamin C bisa pula menjadi pelindung terhadap sengatan matahari. Paparan dari sinar matahari dapat terhalang berkat kandungan antioksidan di dalam vitamin C itu sendiri.

Vitamin E

Pisang juga sangat kaya akan kandungan vitamin E yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Vitamin E berfungsi untuk menjaga kulit agar senantiasa sehat dan kencang. Apalagi dengan bertambahnya usia seseorang maka kualitas dari kekencangan kulitnya akan mengalami penurunan, sehingga dibutuhkan asupan vitamin E yang cukup agar bisa mengatasi maslaah ini.

Potasium

Kandungan potasium di dalam buah pisang dapat membantu untuk mengontrol keseimbangan natrium serta mengontrol pelepasan cairan di dalam sel yang kemudian membantu untuk mencegah mata menjadi kering.

Manfaat Pisang untuk kecantikan

Dengan banyaknya kandungan gizi seperti vitamin B, B6, C, kalsium, magnesium, besi, dan fosfor, menjadikan buah pisang sangat bermanfaat jika dijadikan sebagai bahan masker. Beberapa khasiat buah pisang untuk kecantikan adalah:

Mengatasi jerawat

Menggunakan masker pisang secara rutin terbukti dapat menghilangkan jerawat hanya dalam beberapa hari.

Menghaluskan Wajah.

Penggunaan dari masker pisang selama beberapa minggu juga dapat mengatasi masalah pada kulit yang kering atau kasar.

Mengangkat Sel Kulit Mati

Dengan kemampuannya untuk mengangkat sel-sel kulit mati, maka masker pisang bisa menghindarkan wajah Anda dari kotor, kusam, atau berminyak.

Mengencangkan Kulit

Agar bisa membuat kulit menjadi lebih kencang, gunakanlah masker pisang yang telah dicampur dengan madu. Setelah itu, cucilah dengan menggunakan air hangat yang bertujuan untuk membuka pori-pori wajah dan supaya kandungan nutrisinya dapat meresap secara sempurna ke dalam rongga pori-pori wajah. Setelah itu, lanjutkan dengan membilas menggunakan air hangat.

Menyehatkan Rambut

Manfaat pisang untuk kecantikan yang terakhir adalah mengatasi berbagai maslaah rambut seperti ketombe, rambut kering, ataupun kulit kepala yang terkelupas. Selain itu, masker pisang juga bisa meningkatkan kadar air pada rambut sekaligus meredakan rasa gatal pada kulit kepala.