Klik Sehat Cantik

Kumpulan lengkap aneka artikel pengetahuan seputar direktori kesehatan dan kecantikan yang bermanfaat

Manfaat Sabun Pepaya Untuk Kecantikan

Ada begitu banyak jenis produk kecantikan kulit yang bisa kita jumpai di pasaran, baik itu yang menggunakan bahan herbal alami, hingga yang menggunakan bahan kimia. Semuanya dibanderol dengan harga yang bervariasi pula, tergantung tingkat efektifitasnya.

Masing-masing dari jenis produk tersebut memiliki keunggulannya masing-masing. Namun produk kecantikan yang herbal masih dianggap sebagai yang terbaik, karena minim akan efek samping. Salah produk alami yang terbukti tak kalah efektifnya dengan produk kosmetika mahal adalah sabun pepaya.

Sabun pepaya bukanlah sebuah produk yang baru lagi, namun belakangan ini memang sudah mulai menarik perhatian wanita Indonesia, terutama bagi para ibu rumah tangga.

Sabun pepaya dianggap lebih efektif dan menghemat waktu dibandingkan dengan melakukan berbagai jenis perawatan kecantikan di salon yang tergolong mahal dan menyita banyak waktu. Sabun jenis ini sering digunakan dalam hal merawat serta memperbaiki kondisi kulit sekaligus meningkatkan kecantikan wanita secara alami. Hal ini dikarenakan sabun pepaya memang memiliki aneka kandungan alami yang terbukti baik untuk kesehatan kulit.

Pada dasarnya, pembuatan sabun akan melalui sebuah proses kimia dimana terjadi persenyawaan antara asam dan basa. Sementara untuk sabun pepaya, pembuatanya menggunakan bahan dasar yang diambil dari hasil ekstrak buah pepaya serta beberapa tambahan bahan lainnya.

Berikut sejumlah komposisi yang biasa digunakan dalam pembuatan sabun pepaya:

  1. 200 gr pepaya
  2. 50 gr minyak goreng
  3. 1 gr dextrin
  4. 18 gr texafon
  5. 32 gr NaOH
  6. 100 ml Air, dan sejumlah bahan lainnya.

Melihat dari sejumlah komposisi dari sabun pepaya di atas, maka bisa disimpulkan bahwa ada sekitar 53 % pepaya yang dijadikan sebagai bahan pembuatan sabun. Hasil ini kemudian membuat kita bisa memperoleh banyak manfaat sabun pepaya untuk kecantikan tanpa harus menggunakan buah pepaya itu sendiri secara langsung.

Manfaat Sabun Pepaya

Dalam artian lain, dengan menggunakan sabun pepaya berarti kita juga akan mendapatkan manfaat dari buah pepaya itu sendiri:

  1. Kandungan dari Alpha-Hydroxy Acids (AHA) alami di dalam buah pepaya merupakan sebuah bahan anti penuaan dini sehingga sangat efektif dalam urusan membersihkan, melembapkan, serta meremajakan kulit wajah.
  2. Kandungan enzim papain yang memiliki peran besar dalam urusan mengangkat sel-sel kulit mati.
  3. Buah pepaya juga kaya akan kandungan vitamin C yang memiliki peranan penting sebagai anti oksidan kuat sehingga bisa melindungi kulit terhadap pengaruh dari radikal bebas. Vitamin C bisa membantu untuk mencerahkan kulit, mencegah pengaruh radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan sel-sel kulit, mencegah hilangnya cairan pada kulit, menjaga kelembapan kulit sehingga kulit terhindar dari kusam dan kering.
  4. Pepaya bisa dijadikan sebagai bahan anti oksidan karena kandungan zatnya yang memiliki sifat anti karsinogenik sehingga bisa membantu untuk membangun sistem proteksi tubuh dari kanker. Selain itu, sifat dan anti aging dari buah pepaya juga bisa menjadi zat anti penuaan yang dikarenakan serangan dari suatu penyakit tertentu.
  5. Kandungan betakaroten di dalam buah pepaya merupakan salah satu jenis provitamin A yang bermanfaat sebagai anti oksidan. Didalam setiap 100 gram buah pepaya itu sendiri terkandung sekitar 761µg betacaroten.
  6. Selain berbagai kandungan di atas, buah pepaya juga memiliki fosfor, kalsium, vitamin A, enzim papain, dan sebagainya.

Dengan begitu banyaknya manfaat sabun pepaya untuk kecantikan, tidak ada salahnya jika Anda mencoba jenis sabun yang satu ini. Selain itu, sabun pepaya juga memiliki manfaat untuk mencegah berbagai penyakit kulit. Maka tak heran jika saat ini para kaum pria juga sudah mulai menggunakan sabun pepaya.