Klik Sehat Cantik

Kumpulan lengkap aneka artikel pengetahuan seputar direktori kesehatan dan kecantikan yang bermanfaat

Cara Memutihkan Kuku Secara Alami

Secara umum, kecantikan seorang wanita tidak hanya terpaku pada perawatan wajah saja, namun mencakup seluruh bagian tubuhnya, hingga bagian yang terkecil sekalipun.

Salah satu bagian yang kadang luput dari perawatan adalah kuku. Kebersihan serta kecantikan kuku sangat sering diabaikan karena ukurannya yang kecil dan dianggap tidak menjadi perhatian orang. Namun kebersihan kuku sebenarnya tidak selalu mengenai penampilannya, tapi juga mengenai aspek kesehatan.

Sangat penting untuk merawat kuku terutama jika mengaitkannya dengan aktivitas makan dan minum kita sehari-hari. Tanpa disadari, kuku bisa menjadi tempat bagi kuman yang nantinya bisa berpindah pada makanan atau minuman. Hal ini bisa terjadi secara langsung atau tidak langsung, baik itu melalui perantara sendok, gelas, atau tisu.

Memutihkan Kuku

Terlebih lagi tangan kita telah melakukan banyak aktivitas sebelumnya, seperti memegang suatu benda, menggaruk, menyentuh kendaraan, dan lain sebagainya. Pada sisi lain, tidak memungkinkan bagi kita untuk selalu mencuci tangan setiap melakukan kegiatan.

Sedangkan dari sisi penampilan, kuku yang cantik terkadang menjadi sebuah daya tarik tersendiri, terutama bagi mereka yang pekerjaannya memang sering mengekspos bagian tangan, seperti seorang guru, penjaga loket, sekretaris, ataupun para model.

Tidak bisa dipungkiri jika banyak wanita yang mendambakan kuku yang indah sehingga mereka menggunakan cat kuku. Namun kebiasaan seperti ini justru bisa membuat kuku menjadi kekuningan dan terlihat kusam. Selain itu, banyak pula wanita yang merawat kuku mereka di salon yang tentunya akan menghabiskan biaya yang lumayan besar. Padahal sebenarnya ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk mempercantik kuku tanpa harus merusaknya dan mengeluarkan banyak biaya.

Memutihkan Kuku Secara Alami

Perlu dipahami bahwa kuku yang bersih adalah kuku yang putih dengan cara alami. Sedangkan penggunaan dari pewarna kuku lebih bersifat untuk memperindah tampilan kuku saja. Nah, berikut cara memutihkan kuku dengan menggunakan bahan alami:

Lemon atau Jeruk Nipis

Sangat mudah untuk mendapatkan kuku yang putih dengan memanfaatkan lemon atau jeruk nipis. Cukup dengan menggosokkan lemon pada kuku, maka akan didapatkan kuku yang putih dan bersih dengan segera.

Sedangkan penggunaan dari lemon bisa menjadikan kuku Anda mengkilap, hanya saja bisa menjadikan kulit kering. Maka dari itu, gunakanlah pelembap sehabis menggosokkan lemon pada kuku Anda. Selain itu, pastikan pula untuk mencuci lemon atau jeruk nipis hingga bersih sebelum menggosokkannya pada kuku.

Cuka putih

Siapkan satu mangkuk air hangat lalu tambahkan beberapa tetes cuka putih. Setelah itu, rendamlah kuku Anda ke dalam air tersebut dan diamkan sekitar 8 hingga 10 menit.

Air Sabun

Siapkan satu mangkuk air sabun dan tambahkan perasan lemon secukupnya. Rendamlah kuku Anda ke dalam air sabun tersebut sekitar 10 hingga 15 menit.

Baking Powder

Tips memutihkan kuku secara alami selanjutnya adalah dengan mencampur baking powder ke dalam air hangat. Setelah itu, rendamlah kuku Anda ke dalam ramuan tersebut hingga 10 menit. Agar didapatkan kuku yang putih mengkilap, lakukanlah metode ini sekali seminggu.

Garam

Campurlah garam dan air lemon kemudian gosokkan pada kuku-kuku Anda. Kandungan garam bisa mengangkat kotoran yang ada pada kuku, sementara lemon dapat menjadikan kuku Anda lebih cerah.

Pasta Gigi

Perlu diperhatikan untuk menggunakan pasta gigi yang memiliki kandungan pemutih atau whitening. Gosokkanlah pasta gigi tersebut pada kuku Anda secara lembut dengan menggunakan sikat gigi.

Jika Anda memang ingin melakukan perawatan kuku dengan bahan-bahan alami, pastikan untuk menghentikan kebiasaan Anda untuk menggunakan cat kuku karena kandungan bahan kimia di dalamnya hanya akan merusak kuku. Apalagi jika Anda sangat sering menganti cat warna atau penghapus cat kuku yang bersifat keras hingga bisa merusak kelembapan kuku.

Nah, itulah beberapa tips dan cara untuk memutihkan kuku secara alami, semoga bisa membantu Anda untuk mendapatkan kuku yang bersih dan putih tanpa harus menggunakan bahan kimia berbahaya.