Klik Sehat Cantik

Kumpulan lengkap aneka artikel pengetahuan seputar direktori kesehatan dan kecantikan yang bermanfaat

Khasiat Kunyit Untuk Kecantikan Luar dan Dalam

Sudah sejak lama kunyit digunakan sebagai bahan alami dalam merawat kecantikan wanita, baik itu diterapkan sebagai lulur ataupun diminum sebagai jamu.

Saat ini sendiri ada begitu banyak produk kesehatan yang dikemas dalam berbagai bentuk seperti tablet, kapsul, serbuk, dan minuman yang menggunakan kunyit sebagai bahan dasarnya.

Nah, sebelum melangkah lebih jauh mengenai khasiat apa saja yang dimiliki kunyit bagi kecantikan, ada baiknya jika kita mengetahui beberapa klasifikasi dan kandungan yang ada pada kunyit. Kunyit merupakan kelompok dari zingiberanceae atau jahe-jahean yang digolongkan menjadi 4 jenis, kunyit kuning, kunyit hitam, kunyit merah, dan kunyit putih.

Kunyit mengandung senyawa yang memiliki khasiat sebagai obat yang disebut dengan kurkuminoid. Senyawa ini sendiri terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin, bisdesmetoksikurkumin, lemak, minyak asiri (volatil oil), protein, pati, karbohidrat, vitamin serta beberapa garam-garam mineral seperti fosfor, kalsium, dan zat besi.

Khasiat Kunyit Untuk Kecantikan

Dengan begitu banyaknya kandungan di dalam kunyit, membuatnya memiliki begitu banyak manfaat pula, terutama untuk menjaga kecantikan wanita:

Menghilangkan Jerawat

Jerawat sepertinya sudah menjadi masalah umum bagi semua orang, namun tidak semua orang yang mengetahui bahwa kunyit bisa mengatasi hal ini. Selain bisa menghilangkan jerawat, kunyit bisa juga mencerahkan wajah jika digunakan sebagai masker.

Masker berbahan kunyit itu sendiri sangat sering digunakan bagi para wanita saat akan memasuki hari pernikahan. Karena selain bisa mencerahkan kulit, masker kunyit bisa pula mengurangi noda-noda pada wajah.

Caranya dengan menyiapkan sejumput kunyit yang ditambahkan dengan 1 sendok makan susu organik hangat dan 2 sendok makan tepung. Setelah itu, tambahkan pula 2 tetes minyak zaitun. Blender semua bahan tersebut hingga menghasilkan adonan menyerupai pasta. Nah, pasta inilah yang nantinya dibalurkan pada wajah, dan diamkan sekitar 20 menit. Masker kunyit ini sangat dianjurkan untuk digunakan sebelum Anda mandi.

Mencegah Keriput

Selain dapat mencerahkan wajah serta melawan jerawat, khasiat kunyit untuk kecantikan selanjutnya adalah mencegah terjadinya keriput. Caranya dengan menyiapkan 2 sendok makan mentega yang ditambahkan dengan sejumput kunyit. Aduk kedua bahan tersebut hingga menjadi pasta dan aplikasikan pada area sekitar mata dan tunggu hingga 20 menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin. Gunakanlah pasta tersebut 2 kali dalam seminggu secara rutin sehingga kerutan di bawah mata Anda menjadi berkurang. Selain itu, pasta ini juga dapat menghilangkan lingkaran hitam yang ada pada bagian bawah mata.

Mengatasi Kulit Kering & Berminyak

Kunyit bisa pula digunakan untuk mengatasi kulit wajah dengan kondisi yang kering atau berminyak, caranya:

Kulit kering: Siapkan sejumput kunyit, 1 putih telur, jus lemon, 2 tetes minyak zaitun, dan air mawar kemudian aduk rata. Setelah itu, gunakan ramuan tersebut pada area tubuh yang kering, lalu bilas dengan air hangat. Kulit berminyak: Siapkan sejumput kunyit, 2 sendok makan bubuk kayu cendana, 2 sendok makan susu, dan 2 tetes jus lemon lalu aduk hingga rata. Aplikasikanlah pada area wajah yang berminyak dan tunggu hingga kering. Terakhir, bilas dengan menggunakan air hangat.

Menghaluskan Tumit

Khasiat terakhir dari kunyit untuk kecantikan adalah mengatasi tumit yang kasar. Caranya dengan mencampur 3 sdm kunyit dengan 3 sdm minyak kelapa lalu oleskan pada tumit yang bermasalah. Selain bisa membuat tumit menjadi lebih halus, ramuan ini juga mampu mencegah infeksi dari jamur yang sering menyerang bagian jari-jari kaki.


Sekian ulasan mengenai khasiat kunyit untuk kecantikan, semoga bisa menjadi tambahan informasi bagi Anda mengenai perawatan kecantikan menggunakan bahan alami.