Klik Sehat Cantik

Kumpulan lengkap aneka artikel pengetahuan seputar direktori kesehatan dan kecantikan yang bermanfaat

Khasiat Coklat Hitam untuk Kecantikan Alami

Coklat adalah jenis makanan yang sangat digemari oleh anak-anak, remaja, bahkan para orang dewasa sekalipun. Terutama saat memasuki valentine atau tahun baru, coklat menjadi buruan kebanyakan orang. Salah satu varian coklat yang banyak digemari adalah dark chocolate atau coklat hitam.

Sesuai namanya, coklat yang satu ini memiliki warna hitam dan tergolong sebagai jenis coklat yang baik bagi kesehatan dan kecantikan, selain dengan coklat putih atau coklat susu. Coklat hitam baik untuk kecantikan dan kesehatan karena mengandung susu dan gula yang tergolong rendah jika dibandingkan dengan jenis coklat yang lain.

Khasiat Coklat Hitam Untuk Kecantikan

Coklat hitam memiliki sebuah kandungan yang disebut flavanol antioxidant yang sangat baik bagi kecantikan kulit dan kesehatan tubuh secara umum. Untuk perawatan kecantikan, coklat hitam dapat mengatasi berbagai masalah kulit dan juga rambut. Berikut manfaat dari coklat hitam bagi kecantikan:

Kecantikan Kulit

Sebenarnya, manfaat dari coklat hitam untuk perawatan kecantikan sudah dikenal sejak lama. Masalah-masalah seperti keriput, kulit kering, ataupun wajah yang kusam bisa diminimalisir dengan memanfaatkan coklat hitam. Selain itu, kandungan flavonoid di dalam coklat hitam juga mampu melawan sinar UV yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan kulit.

Masalah seperti keriput bisa diatasi dengan coklat hitam karena kandungan di dalamnya bisa mengurangi jumlah dari kolagen yang rusak. Selain dengan mengkonsumsi secara langsung, khasiat dari coklat hitam bisa juga didapatkan dengan menjadikannya sebagai bahan masker.

Keindahan Rambut

Khasiat coklat hitam untuk kecantikan yang kedua adalah untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut. Coklat hitam dapat menjadikan rambut Anda lebih berkilau serta menjaga kesehatan dari kulit kepala. Hal ini sangat dimungkinkan karena coklat hitam mengandung seng, zat besi, dan sejumlah mineral yang mampu menyeimbangkan aliran darah dan oksigen ke kulit kepala.

Untuk menggunakanya, Anda bisa melakukanya dengan membuat masker rambut. Siapkan coklat hitam yang sebelumnya telah dilelehkan kemudian campur dengan yogurt dan madu, lalu oles merata pada rambut Anda.

Awet Muda

Khasiat coklat hitam untuk kecantikan yang terakhir adalah sebagai formula awet muda. Konsumsi dari coklat itu sendiri mampu merubah suasana hati seseorang sehingga menjadi lebih nyaman. Hal ini dikarenakan kandungan phenethylamine di dalam coklat hitam yang mampu menghasilkan hormon endorfin atau hormon bahagia di dalam tubuh. Coklat hitam juga memiliki kandungan anandamide yang bisa menjadikan pikiran dan tubuh lebih santai.

Rasa stres yang Anda alami bisa dikurangi dengan mengkonsumsi coklat. Karena konsumsi dari coklat bisa membantu untuk memicu rasa bahagia, maka dalam jangka panjang coklat hitam juga akan menjadikan Anda lebih awet muda.


Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari coklat hitam dalam hal kecantikan. Sedangkan dari segi kesehatan, coklat hitam dapat mengontrol gula darah, mengecilkan resiko penyakit jantung, mencegah kanker, dan juga meningkatkan fungsi kognitif dari otak.

Namun sayangnya, coklat hitam memiliki kandungan lemak dan kalori yang tinggi, sehingga disarankan untuk mengkonsumsinya dalam batas yang wajar. Selain itu, Anda juga sebaiknya mendampingi dengan konsumsi sayur atau buah serta olahraga yang rutin.

Perhatikan pula jenis dari coklat yang Anda beli. Pasalnya, banyak coklat hitam yang beredar di pasaran memiliki kualitas rendah. Hal ini bisa berakibat fatal sehingga Anda hanya akan menjadi gemuk dikarenakan konsumsi dari coklat hitam yang tidak berkualitas. Coklat yang tidak berkualitas itu memiliki kandungan lemak dan gula dalam jumlah tinggi.

Sekian informasi mengenai khasiat coklat hitam untuk kecantikan, semoga bisa menjadi alternatif lain bagi Anda dalam hal perawatan kecantikan.